Tips Ajukan Kredit Mobil Untuk yang Penghasilannya Terbatas

Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil menjadi impian banyak orang. Sayangnya harga mobil yang cukup tinggi membuat banyak orang harus menunda mimpinya memiliki mobil. Namun, tahukah Anda bahwa meskipun memiliki gaji direntang Upah Minimum Regional (UMR), Anda bisa mengajukan kredit mobil. Tentunya, pertama Anda harus melakukan simulasi kredit xpander atau mobil yang diinginkan untuk memperkirakan dana yang harus dipersiapkan.

Setelah itu, lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Atur Keuanganmu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah atur keuangan sebaik mungkin. Anda bisa mengatur alokasi gaji dengan menerapkan pembagian 40-30-10-10. Artinya 40% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk cicilan atau utang, 10% untuk gaya hidup dan 10% lainnya untuk tabungan dan sedekah.

Pembagian ini penting dilakukan dan diterapkan secara konsisten agar kewajiban dan kebutuhan bulanan terpenuhi dan cicilan kredit tidak terganggu. Selain itu, Anda juga bisa mengalokasikan sebagian dana tabungan Anda ke dalam investasi agar menambah nilai mata uang yang Anda miliki.

  1. Pilih Mobil Sesuai Kemampuan Keuanganmu

Langkah selanjutnya, pilih mobil sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Jangan terpaku hanya dengan satu jenis pilihan mobil atau satu tempat dealer mobil. Seringlah riset mengenai dealer mobil yang memberikan cicilan sesuai dengan kemampuan keuanganmu.

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang harga terbaru, dealer-dealer mobil yang memberikan promo-promo yang disediakan untuk kredit mobil, keringanan DP, dan lainnya. Tak jarang, ada dealer mobil yang memberikan promo seperti cashback atau asuransi perbaikan mobil. Tentu saja ini menjadi keuntungan yang lebih untuk Anda.

  1. Siapkan DP

Pada umumnya, uang muka atau DP harus disiapkan minimal sebesar 20% dari harga total tetapi ini tergantung pada kebijakan lembaga pembiayaan. Pembayaran ini wajib dilakukan sebagai awal melakukan kredit mobil.

Dan hal yang perlu Anda pahami, Anda tidak bisa hanya mempersiapkan DP senilai yang tercantum pada brosur lembaga pembiayaan. Sebab, yang harus Anda bayarkan saat memulai kredit adalah TDP atau Total DP, yaitu penambahan DP dengan berbagai biaya lainnya, termasuk cicilan bulan pertama.

  1. Ambil Tenor Panjang

Tips yang tidak kalah penting, pastikan Anda mengambil tenor atau jangka waktu cicilan yang panjang. Semakin panjang waktu, maka semakin kecil besar cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya.

Memang bunga yang dibayarkan akan menjadi besar, tetapi cicilan Anda akan terasa ringan. Untuk menghindari besaran bunga yang terlalu besar, sebaiknya ambil jangka waktu kredit selama empat atau lima tahun. Mengingat performa mobil akan semakin turun setiap waktu.

  1. Alokasi Dana Untuk Biaya Perawatan

Ketika memiliki sesuatu, tentu kita akan merawat juga. Sama halnya dengan mobil. Ketika Anda memutuskan untuk memiliki mobil, maka Anda harus merawat agar kondisinya tetap baik dan bagus.

Pastikan Anda sudah mengatur ulang keuangan Anda setelah melakukan kredit mobil, hal ini agar Anda lebih siap memiliki dana untuk melakukan perawatan mobil, membayar pajak tahunan, dan STNK.

  1. Tambah “Kran” Penghasilan

Tips yang terakhir, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan sebagai keran tambahan penghasilan Anda setiap bulannya. Tidak harus pekerjaan fisik yang berat, kok. Anda bisa memulai dari keahlian yang Anda miliki, seperti memasak, cobalah untuk menjual dan memasarkannya secara online.

Jika terasa sulit, Anda bisa coba menjadi pekerja lepas sebagai penulis, fotografer, desain, atau yang lainnya. Nantinya penghasilan dari kerja tambahan ini bisa Anda masukan untuk menambah uang cicilan atau tabungan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa mempunyai mobil secara kredit meski gaji hanya UMR. Jika tips di atas dilakukan dengan baik, maka mempunyai mobil bukan lagi menjadi impian! Jika saat ini Anda belum menerapkannya, maka bisa memulainya segera agar impian Anda memiliki mobil dapat lebih cepat terwujud. Semoga artikelnya membantu, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.