Apa itu media kit dan mengapa Anda memerlukannya?

Bekerjasama dengan merek sebagai seorang influencer mirip dengan melamar pekerjaan apa pun, dan seperti aplikasi pekerjaan pada umumnya, pengusaha biasanya membutuhkan CV/Resume/Portofolio dari berbagai jenis untuk memahami calon karyawan lebih baik. Sebuah media kit adalah seperti versi digital dari itu, dan merupakan sesuatu yang sebaiknya dimiliki oleh para influencer ketika mempertimbangkan untuk bermitra dengan merek.

Sebuah media kit bisa membuat atau menghancurkan kemitraan dengan merek, dan oleh karena itu penting bagi para influencer untuk menyertakan elemen-elemen yang paling penting. Jika Anda tidak yakin apa yang harus ditambahkan ke dalam media kit, kami punya solusinya! Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara membangun media kit yang menarik atau bahkan hanya meningkatkan yang sudah Anda miliki!

Apa yang Harus Disertakan di Media Kit?

1. Intro Singkat + Foto Profil Terkini Kamu

Seperti halnya wawancara pekerjaan biasa, calon pengusaha (dalam hal ini, merek) ingin tahu sedikit lebih banyak tentang Anda. Perlakukan bagian ini seolah-olah Anda sedang menjawab pertanyaan wawancara yang biasa, “Ceritakan tentang diri Anda”. Anda sebaiknya berusaha untuk menyampaikan nada dan kepribadian pribadi Anda dalam pengantar Anda, termasuk minat dan proyek-proyek yang Anda geluti dengan semangat.

Sertakan gambar terbaru Anda sehingga merek memiliki gambaran tentang Anda saat membaca media kit Anda.

2. Daftar Semua Media Sosial Aktif Anda

Merek ingin mengetahui semua platform media sosial di mana Anda aktif, karena ini memungkinkan mereka untuk mengetahui sejauh mana Anda fleksibel di berbagai platform, yang bisa menjadi nilai tambah bagi beberapa merek. Menyebutkan semua media sosial aktif Anda juga penting agar merek memahami Anda sebagai individu dengan lebih baik karena kepribadian online Anda cenderung terbentuk di berbagai platform.

Namun, penting untuk menyebutkan platform mana yang menjadi keahlian Anda!

3. Sertakan Statistik Media Sosial Kalian

Sebagai seorang influencer, statistik sosial media Anda merupakan aspek penting dalam karier Anda. Merek ingin melihat jumlah pengikut Anda, tingkat keterlibatan, tingkat pertumbuhan keseluruhan, dan lain sebagainya.

Periksa statistik sosial Anda melalui berbagai fungsi “insights” platform-platform tersebut.

4. Demografi Audiens

Mengungkapkan demografi audiens Anda penting bagi merek dan biasanya menjadi salah satu faktor penentu utama untuk menentukan apakah Anda cocok untuk mereka atau tidak. Merek cenderung bekerja sama dengan influencer yang sesuai dengan demografi audiens target mereka untuk mencapai kesuksesan dalam kampanye pemasaran influencer mereka.

5. Sertakan Website / Blog Kalian

Selain platform media sosial, para influencer cenderung memiliki blog atau situs web pribadi mereka. Jika Anda belum memiliki satu, ini adalah tanda bagi Anda untuk memulainya!

Blog/situs web cenderung memiliki umur lebih panjang dibandingkan dengan kiriman Instagram karena fenomena dapat ditemukan di Google dengan SEO yang baik.

Menggunakan alat seperti Google Analytics dapat membantu Anda melacak statistik blog/situs web Anda sehingga Anda dapat memasukkan semua ini ke dalam kit media Anda seperti yang terlihat di atas.

6. Testimonial

Idealnya, tambahkan testimonial dari kerjasama masa lalu Anda dengan merek, jika memungkinkan, sertakan juga tingkat kinerja dari kampanye-kampanye ini bersama dengan testimonial tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang influencer dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan kemitraan merek!

7. Tarif Anda

Menyatakan dengan jelas tarif Anda dalam media kit Anda dapat membantu merek mengetahui apa yang Anda harapkan, serta memberi sinyal kepada merek apakah layanan Anda terjangkau atau tidak bagi mereka. Namun, dimengerti bahwa biasanya hanya influencer yang lebih mapan memiliki tarif tetap.

Bagi influencer yang baru memulai (& tergantung pada strategi bisnis Anda), Anda dapat menentukan tarif awal Anda dan mencatat “buka untuk negosiasi” jika Anda tidak yakin. Namun, ketahuilah nilai Anda, jangan menundukkan diri!

8. Rincian Kontak

Terakhir tapi tidak kalah penting, ingatlah untuk meninggalkan rincian kontak Anda jika merek memutuskan bahwa Anda adalah apa yang mereka cari! Nyatakan mode kontak yang Anda preferensikan dan cara alternatif juga, sebagai langkah pencegahan.

Tools untuk Membuat Media Kit

Jika Anda merasa kurang memiliki keterampilan desain atau mata kreatif untuk membuat media kit yang menakjubkan, jangan khawatir, kami punya solusinya. Berikut adalah daftar beberapa alat yang menyediakan templat yang luar biasa yang tersedia untuk digunakan.

– Canva – Slice Rate CardDana Nicole Designs

Bagi mereka yang memiliki lebih banyak pengalaman dengan desain, membuat media kit Anda sendiri dari awal menggunakan Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator dapat memberikan tampilan profesional. Pinterest memiliki beragam inspirasi media kit!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *