Cara Simpan Rempah Bubuk agar Lebih Tahan Lama

Produsen bumbu makanan memang cukup banyak tersebar di Indonesia, tak terkecuali rempah bubuk. Memang, rempah bubuk kerap kali menjadi pilihan bagi masyarakat karena kepraktisan dan kemudahannya. Memasak jadi lebih hemat waktu dan tenaga karena tak perlu lagi mengulek bumbu yang hendak digunakan.

Hanya saja, rempah bubuk harus disimpan sedemikian rupa agar kualitasnya tidak berubah. Bagi Anda yang sudah menyetok perbumbuan ini, ada beberapa tips yang perlu disimak agar cita rasanya tidak berkurang.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan rempah dan bumbu makanan agar tetap awet dan tentu saja tanpa mengurangi kualitas dan cita rasanya.

Simpan Dalam Wadah Tertutup

Jangan menyimpan bumbu dan rempah bubuk di dalam plastik dan dibiarkan terbuka dalam waktu yang lama. Simpanlah di wadah yang tertutup karena udara dan kelembaban dapat mengubah rasa serta aroma khas dari bumbunya.

Anda bisa menyimpannya di botol kaca dan ditutup dengan rapat. Atau jika memang ingin menggunakan plastik, lebih baik menggunakan plastik ziplock agar tetap aman dan kecil kemungkinan air dapat masuk.

Simpan di Tempat yang Kering dan Sejuk

Dilansir dari web culinarylabschool.com, menyimpan bumbu sebaiknya berada ditempat yang sejuk dan juga kering yang memiliki suhu sekitar 21 derajat celcius. Dan pastikan bahwa suhu penyimpanan tetap konstan untuk menjaga tekstur serta rasanya.

Jangan Simpan Di Dekat Sumber Panas

Panas dapat merusak bumbu yang Anda simpan selain itu juga panas dapat merusak keunikan rasa yang dihasilkan dari bumbu dan rempah-rempahnya. Oleh karena itu, jangan simpan bumbu di dekat sumber panas seperti sinar matahari langsung ataupun kabinet di atas kompor hanya karena memudahkan penjangkauan saat ingin menggunakan.

Jangan Simpan di Lemari Pendingin

Dilansir dari culinarylabschool.com, menyimpan bumbu pada lemari pendingin atau freezer ternyata dapat menyebabkan bumbu menjadi padat dan hal ini bisa menimbulkan tumbuhnya jamur. Sayang sekali kan sudah membelinya jika disimpan sembarangan malah tidak bisa dipakai sama sekali.

 

Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan untuk menyimpan bumbu agar tidak mengurangi tekstur serta rasa dan aromanya. Selain itu, Anda juga harus memilih produsen bumbu dan rempah makanan yang terpercaya dengan kualitas mutu yang terjamin dan juga proses produksi yang bersih seperti Ganesha Abaditama.

Telah berpengalaman selama 25 tahun, PT Ganesha Abaditama memproduksi rempah bubuk asli dan higienis serta telah memenuhi standar LPPOM MUI, menjadikan produsen bumbu makanan yang terpercaya dengan kualitas tinggi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *