AC central untuk rumah

Kebiasaan yang Membuat AC Cepat Rusak

AC adalah alat elektronik yang membutuhkan perawatan agar kinerjanya dapat berjalan maksimal dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, anda harus menggunakan AC secara baik sesuai dengan buku petunjuk yang dikeluarkan oleh masing-masing perusahaan.

AC umumnya rusak karena memang faktor umur, artinya jangka penggunaanya sudah lebih dari 10 tahun atau masa pemakaian yang disarankan. Namun, terkadang juga ada AC yang rusak ketika baru beberapa tahun digunakan.

Ini biasanya disebabkan oleh penggunaan yang jorok atau menyalahi aturan. Untuk itu agar AC anda tetap awet berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang perlu dihindari oleh anda sekalian.

  1. Tidak Mengatur Waktu Penggunaan AC

Beberapa ahli menyarankan agar AC digunakan selama 5-8 jam perhari. Anda tentu saja boleh menggunakannya lebih dari waktu tersebut hanya saja cobalah untuk menjeda penggunaan AC dalam rentan waktu 8 jam agar mesin bisa diistirahatkan terlebih dahulu.

Adapun, disarankan juga agar tidak terlalu sering menghidupkan dan mematikan AC, jika anda ingin keluar rumah dalam jangka waktu pendek biarkan saja AC tetap menyala atau dalam kondisi ON.

Seperti diketahui mesin AC sebetulnya akan lebih banyak bekerja ketika pertama kali dihidupkan, ini dikarenakan AC akan mendinginkan suhu panas yang ada dalam ruangan. Jadi, agar mesin AC tidak terlalu banyak bekerja maka biarkan AC tetap menyala di dalam rumah meskipun anda pergi keluar.

Selain membuat perangkat AC menjadi awet, dengan membiarkan AC tetap menyala akan membuat listrik semakin hemat.

  1. Tidak Merawat AC Dengan Baik

Bagaimanapun AC terdiri dari perangkat perangkat yang membutuhkan perawatan secara berkala. Maka dari itu setidaknya 1 tahun sekali anda harus melakukan service AC, agar kinerja mesin dapat berjalan secara maksimal.

Pada beberapa merk terkenal seperti misalnya Daikin Indonesia biasanya sudah menyediakan teknisi teknisi resmi pada toko toko yang tersebar di seluruh Indonesia. Baik untuk service AC central untuk rumah ataupun jenis AC lainnya keluaran dari Daikin Indonesia.

  1. Membuka Jendela/Pintu Ketika AC Dihidupkan

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa cara kerja AC adalah mendinginkan suhu panas yang ada dalam ruangan. Jadi sebelum AC dihidupkan harus dipastikan bahwa ruangan telah tertutup rapat agar panas dari luar tidak masuk lagi ke dalam ruangan.

Jika misalnya ada pintu, jendela atau celah lain yang terbuka maka suhu panas akan terus masuk ke dalam ruangan dan menyebabkan mesin AC bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan.

Dengan demikian, selain membuat daya listrik yang digunakan semakin besar, ruangan pun tidak akan terlalu dingin karena suhu panas yang masuk dari luar ruangan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.