Hasil Judo PON Papua 2021: Bali Sabet Juara Umum, Tuan Rumah Harus Puas di Tangga ke-4

Cabang olahraga (cabor) Judo telah rampung dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Pertandingan cabor Judo PON XX Papua 2021 berlangsung mulai Rabu (29/9/2021) hingga Minggu (3/10/2021). Pada PON XX Papua 2021, pertandingan cabor Judo digelar di Graha Eme Neme Yauware, Mimika.

Setelah menjalani pertandingan selama lima hari, Provinsi Bali keluar sebagai juara umum Cabor Judo PON XX Papua 2021. Pertandingan hari terakhir menampilkan nomor beregu kategori campuran, yakni tiga putra dan tiga putri. Dari total 23 medali, didominasi oleh cabor Judo dengan raihan 12 medali.

Hasil keseluruhan perolehan medali cabor Judo, Bali mengoleksi enam emas dan enam perunggu. Pencapaian tersebut merupakan prestasi membanggakan bagi tim judo Bali. Pasalnya pada PON sebelumnya perolehan medali yang didapat tidak sebanyak di Papua.

Pada PON XVIII 2012 yang berlangsung di Riau, tim Judo Bali hanya mengantongi dua emas. Begitupun dengan PON XIX Jawa Barat 2016, tim Judo Bali juga finis dengan dua emas. Posisi kedua hasil akhir cabor Judo PON XX Papua 2021, ditempati tim Jawa Barat.

Sementara posisi ketiga, diduduki tim Judo DKI Jakarta dengan perolehan empat emas, dua perak dan lima perunggu. Tuan rumah, Papua harus puas berada di tangga keempat perolehan cabor Judo PON XX Papua 2021. Pasalnya, tuan rumah Papua total mengoleksi medali dari cabor Judo dengan empat emas, satu perak dan lima perunggu.

Untuk posisi kelima, diraih oleh tim Judo Jawa Timur dengan satu emas, dua perak, dan tiga perunggu. Dikutip dari laman resmi KONI Jawa Timur, capaian tersebut tidak memenuhi target dari KONI Jatim sebanyak dua emas. Satu satunya medali emas Jatim dari cabor judo dipersembahkan Dewinda Arini Trisna dari kelas 45 48 kg putri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.