Wajib Tahu, ini 5 Aplikasi Kursus Online Pendamping Mahasiswa Belajar

Semenjak pandemi Covid 19 melanda,perkuliahan telah beralih dari offline ke online. Bagi beberapa orang, kuliah onlinekurang efektif karena terlalu banyak distraksi dan kerap burn out . Hal itu membuat ilmu yang diajarkan, tidak dapat terserap secara maksimal.

Untuk memaksimalkan kompetensi dan pengetahuan, Kawan Puan bisa menggunakan aplikasi kursus online. Dilansir dari , berikut 5 aplikasi yang menyediakan kursus online bagi mahasiswa: Universitas Harvard bekerja sama dengan MIT menciptakan aplikasi pembelajaran ini.

Aplikasi ini menggunakan sistem Massive Open Online Course (MOOC) yang mampu membuka akses belajar dengan partisipan sebesar besarnya melalui jaringan internet. Tak heran jikajumlah peserta yang hadir di setiap kelas edX sangat banyak. Sama seperti yang lain, edX juga menyediakan kelas di berbagai bidang.

Mulai dari sains, matematika, seni, budaya, manajemen, dan lain sebagainya. Mahasiswa bahkan pekerja profesional bisa mengakses aplikasi ini. Sama seperti Coursera, Future Learn juga menyediakan berbagai bidang kursus online.

Mulai dari bisnis, teknologi (robotik), kesehatan, bahasa, psikologi, hingga budaya. Tidak hanya belajar, melalui aplikasi ini Kawan Puan juga bisa menambah teman pelajar dan pengajar dari berbagai negara. Aplikasi ini adalah salah satu platform andalan bagi yang memiliki keinginan kuat untuk belajar.

Ada lebih dari dua ribu jenis kursus yang tersedia di platform ini. Tak hanya itu, aplikasi ini juga memberikan ruang bagi para pengajar berkualitas tinggi dari lembaga pendidikan maupun universitas terbaik dunia untuk membagikan ilmunya. Sama seperti kuliah atau kursus pada umumnya, peserta juga akan diberikan tugasdan ujian untuk mengukur efektivitas proses pembelajaran.

Setelah itu kalian akan mendapatkansertifikat online resmi dengan syarat yakni membayar nominal tertentu. Tetapi jika hanya ingin mengikuti proses belajarnya saja, Kawan Puan bisa mengakses kursus online gratis ini. Indonesia ternyata juga memiliki platform kursus online sebagai pendamping belajar mahasiswa.

Metode ajar yang ditawarkan juga beragam, mulai dari video, artikel, materi ujian, kuis, hingga forum diskusi. IndonesiaX bekerjasama dengan sejumlah kampus ternama Indonesia, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia, Universitas Airlangga (Unair) hingga organisasi maupun lembaga berkualitas. Kawan Puan bisa menikmati fasilitas yang ada di aplikasi ini secara gratis, loh.

Kawan Puan, ingin belajar mengenai desain grafis? Jika iya, Udemy bisa menjadi pilihan bagimu. Materi yang diajarkan bervariasi, mulai dari yang paling dasar seperti desain karakter, melukis digital, mendesain logo, dan lain sebagainya. Selainitu, Udemy juga menyediakan kelas untuk level profesional seperti desain UI/UX, game development, hingga software .

Kawan Puan bisa menikmati fasilitas pembelajaran di Udemy dengan harga terjangkau mulai dari 10 dollar AS atau sekitar Rp 140.000. (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.